Kamis, 23 Februari 2017

12 Tips Ampuh Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga


Berhemat anggaran rumah tangga penting untuk anda lakukan agar dapat mempersiapkan kualitas kehidupan di hari tua yang lebih baik. Berhemat bukan berarti pelit. Berhemat adalah mengefektifkan pengeluaran agar tidak mubazir dan boros dalam penggunaannya. Meskipun anda memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, namun harus bisa menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran agar dapat mewujudkan impian jangka panjang anda. Simak tips ampuh menghemat pengeluaran rumah tangga berikut ini.

  1. Jaga Kesehatan
Kesehatan adalah aset penting bagi setiap manusia. Jika fungsi tubuh dan jiwa sehat, kita dapat beraktifitas dengan baik untuk bekerja, berkarya dan mengurus rumah tangga. Anda tentu bisa menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan dan berapa peluang yang hilang jika kesehatan kita tidak maksimal. Penting untuk menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat, teratur berolahraga dan pintar mengolah jiwa agar terjauh dari penyakit fisik maupun psikis.

2.       Hindari Berhutang
Hindari berhutang, baik dengan meminjam uang dengan saudara sendiri maupun melalui media lain seperti meminjam dengan bank dan penggunaan kartu kredit. Kebiasaan berhutang jika dibiarkan akan menjadi adiktif dan sulit untuk dihindari. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan menjadi bom waktu yang siap menghabiskan aset anda jika hanya untuk belanja barang yang tidak begitu penting untuk dibeli.
 
Kedua Ponakanku (Foto Koleksi Pribadi)
3.       Bedakan Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier
Utamakan dahulu kebutuhan primer anda, seperti kebutuhan makan, pakaian dan lain sebagainya. Jika ada uang sisa, baru anda dapat membelanjakannya untuk kebutuhan sekunder dan tersier. Lain halnya jika anda memang memiliki banyak uang untuk kebutuhan sekunder dan tersier. Anda harus pandai dalam membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan, mana yang mendesak dan dapat ditunda. Gunakan uang anda sebijak mungkin, agar tidak terjadi pemborosan.

4.       Buat Daftar Menu Mingguan
Dengan membuat daftar menu makanan selama sebulan atau mingguan makan pola belanja anda bisa terkontrol. Anda akan berpikir dua kali jika ingin membeli makanan yang sama dengan hari sebelumnya. Hal ini akan menghindari anda untuk belanja bahan makanan yang sama sehingga bisa mubazir jika tidak digunakan sesuai waktu masa berlakunya.

  1. Hemat Listrik
Berapa banyak peralatan listrik yang anda miliki di rumah? Televisi, microwave, kulkas, gadget ponsel anda dan peralatan elektronik lainnya. Seberapa sering anda membiarkan alat elektronik tersebut tersambung dengan sumber listrik? Meskipun tidak digunakan, peralatan elektronik yang terhubung dengan sumber listrik tetap menyedot listrik dari sumbernya. Matikan jika sudah selesai digunakan dan lepaskan dari sumber listriknya. Anda juga bisa menggunakan lampu charger untuk menghemat listrik dan menjaga kualitas penggunaan barang elektronik di rumah anda.


  1. Survei Harga Sebelum Membeli
Anda bisa membandingkan dan melihat harga barang ketika anda jalan-jalan ke mal atau ketika ingin belanja online. Cek harga sebelum berbelanja penting anda lakukan agar mendapat barang yang murah dan berkualitas sesuai apa yang anda butuhkan.  Anda harus bisa menjadi smart shopper dengan melihat dan membandingkan barang dan harga barang sebelum membeli.

7.      Kurangi Kebiasaan Makan di Luar

Anda harus bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk makan di restoran bersama keluarga. Jangan sampai anda menghabiskan gaji hanya untuk membayar harga makanan yang bisa 3 kali lipat dibanding makanan yang bisa anda masak sendiri di rumah. Tidak masalah jika anda makan di restoran hanya sesekali saja saat keluarga jauh datang berkunjung atau menjamu teman lama.


  1. Berkebun Di Rumah
Menanam sendiri buah atau sayuran kesukaan di halaman rumah meski hanya dengan sepetak tanah dapat memberi keuntungan bagi anda. Anda bisa menanam dengan cara akuaponik dan hidroponik dalam memanfaatkan lahan yang terbatas di rumah. Selain hasilnya bisa dinikmati sendiri, bisa juga sebagian hasilnya dijual. Jika anda butuh bisa langsung petik, lumayan menghemat pengeluaran tentunya.

9.      Simpan Bahan Makanan Dengan Baik

Simpanlah makanan dengan bungkus yang baik agar lebih tahan lama di kulkas atau wadah kedap udara. Apapun jenis makanannya beri tempat terpisah saat disimpan di lemari es, seperti daging, telur, tempe, sayuran dan buah-buahan agar lebih tahan lama kualitasnya. Dengan hal ini anda bisa menghemat uang belanja bulanan.


10. Manfaatkan Hiburan Gratis
Banyak cara menikmati hiburan gratis tanpa perlu menghabiskan kantong bulanan anda. Bukankah bahagia juga bisa berasal dari hal-hal yang sederhana. Anda bersama keluarga bisa jalan-jalan ke taman atau mengunjungi museum. Jadilah pribadi yang kreatif untuk menikmati hiburan gratis, misalnya bersepeda mengelilingi daerah rumah anda atau menonton konser gratis.

  1. Daur Ulang Barang Bekas
Cek barang-barang dan peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai dan yang masih layak digunakan. Beberapa mungkin bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.  Misalnya, laptop lama yang masih berguna untuk proses belajar anak anda. Atau, jika anda memiliki barang antik yang bisa dijual pada kolektor barang antik. Anda bisa menjual barang tersebut sehingga hasil penjualannya bisa menjadi tambahan tabungan. Selain mengurangi penumpukan barang di rumah, juga bisa melatih intuisi agar mengambil keputusan untuk berbelanja bijak di masa datang.

  1. Simpan Uang Receh
Jangan anggap remeh uang pecahan kecil seperti uang logam. Bukankah pepatah bilang, sedikit demi sedikit bisa jadi bukit. Coba kumpulkan uang logam yang anda terima setiap hari dalam satu wadah selama sebulan dan lihat berapa banyak uang yang terkumpul. Uang receh tersebut bisa digunakan untuk membayar biaya parkir, memberi pengamen jalanan, membeli jajanan kecil ataupun untuk membeli sayuran sehari-hari.

Setiap rumah tangga pasti mempunyai impian jangka panjang agar dapat mewujudkan masa depan setiap anggota keluarga, seperti membiayai pendidikan anak, membeli rumah idaman, berinvestasi dan lainnya. Dengan menghemat pengeluaran rumah tangga, anda tentunya akan lebih mudah mewujudkan impian-impian tersebut. Semoga tips diatas dapat membantu anda mewujudkan impian-impian anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar